Digital Marketing
Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.
Pemasaran digital atau digital marketing adalah payung yang terkait online atau internet marketing. Pemasaran digital tidak sama dengan pemasaran online tetapi sebenarnya mencakup berbagai hal yang jauh lebih luas seperti saluran digital, perangkat atau platform misalnya; billboard,DTV,ponsel/tablet,podcast,radio dll, dengan cara komunikasi den kebiasaan pelanggan yang masing-masing berbeda.
Tujuan dari Internet / Digital Marketing adalah membuat costumer yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu siapa kita, produk apa yang kita jual, dan berusaha membuat costumer untuk membeli produk yang kita jual.
Produk Research
- Mencari produk (tidak harus membuat sendiri bisa mengambil dari supplier)
- Bisa repeat order / tidak (contoh yang tidak bisa direpeat adalah undangan pernikahan)
- Produk bisa habis / kadaluarsa (mengambil stock yang banyak dengan expired yang lama)
Research Diri Sendiri
- Percakapan satu-satu
- Melihat trend (Sosmed, Google Trend)
- Free / bayar
Costumer Research
- Usia
- Pria / Wanita
- Pendapatan per tahun dan jabatan
- Pendidikan
Untuk mencapai tujuan marketing kita perlu melalui tahapan-tahapan mulai dari mendapatkan Leads sampai pada Conversion, begitu pula dalam digital marketing ada 5 langkah. Langkah tadi disebut Digital Marketing Funnel karena prosesnya ibarat seperti sebuah corong, dari mulai kita melakukan perencanaan, mendapatkan traffic, leads, prospek, terjadi penjualan, sampai membangun loyalitas agar kita dapat menciptakan proses penjualan yang berkelanjutan terhadap produk atau jasa kita.
5 langkah pada Digital Marketing Funnel, yaitu:
- Plan : Tahap pertama yang kita lakukan adalah mulai dari melakukan Riset Pasar, Orentasi bisnis kita, menentukan Pasar mana yang kita akan bidik. Setelah itu kita menyiapkan Content Promosi yang tepat dan membuat website atau apps sebagai alat pemasaran.
- Traffic: Tahap Kedua yang kita lakukan adalah bagaimana menciptakan Traffic, tergantung alat pemasaran digital.
- Jika menggunakan Website kita dapat mendapatkan pengunjung ke website dengan menggunakan metode SEM : SEO dan PPC (Google Search Network), Google Display Network, Mobile Ads, dan lain-lain.
- Jika menggunakan Apps maka kita dapat menggunakan CPA (Cost Per Aquisitions) Mobile Ads, Facebook Apps focus on Download, Youtube Ads dan lain-lain.
- Leads: Tahap Ketiga adalah tahapan kita untuk membuat pengunjung melakukan tindakan didalam website atau Apps kita, disini peranan tulisan dan UX design sangat berperan. bagaimana kita bisa membuat tulisan serta design yang mengiring pengguna untuk mengambil tindakan dengan berlangganan newsletter atau mengisi form dan menekan tombol submit.
- Conversion: Tahap Keempat adalah tahapan kita untuk membuat pengunjung membeli produk kita. Tahapan conversion ada 3 hal penting yang harus kita lakukan dalam website atau apps kita yaitu:
- Influence, yaitu mempengaruhi agar mereka membutuhkan produk kita.
- Convince, yaitu meyakinkan bahwa kita adalah pilihan terbaik untuk mereka.
- Create the sense of urgency, yaitu membuat mereka melakukannya sekarang.
- Engage: Tahap Kelima adalah tahapan membangun hubungan yang baik agar menciptakan loyalitas terhadap brand kita. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, yaitu:
- Membangun Online CS yang selalu tanggap akan kebutuhan pelanggan kita.
- Membuat Loyalty Program, misal dengan Point Reward, Undian, dan lain-lain.
- Membangun percakapan yang erat lewat Social Media.
- Membangun partisipasi pelanggan Anda lewat Social Media Activation yang sesuai dengan brand Anda.
- Mengembangkan Produk baru sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Seminar Bisnis Practice 3 2016 STMIK STIE Asia Malang |
0 komentar:
Posting Komentar