Rabu, 12 Februari 2014

Fotografi dan Desain Grafis

Fotografi dan Desain Grafis

Saat ini teknologi fotografi telah berkembang pesat, mulai dari penemuan kamera obscura yang ditemukan oleh Leonardo da Vinci sampai penemuan kamera digital yang dikeluarkan oleh beberapa pabrik besar pembuat kamera. Seiring dengan hal itu peranan fotografi juga semakin luas, yaitu sebagai pendukung ilmu pengetahuan yang lain, seperti desain komunikasi visual. Dari sini timbullah istilah Fotografi Desain yang sering menjadi pertanyaaan di kalangan orang yang akan terlibat dalam jurusan Desain Komunikasi Visual. Pembahasan terdiri dari dua pokok bahasan, yaitu fotografi dasar dan fotografi desain.

Ada pakem yang menyatakan bahwa sebuah karya foto “haram” untuk dimanipulasi dengan program desain grafis seperti Adobe Photoshop. Banyak teman sesama fotografer tidak terlalu suka fotonya di acak2 sedikitpun. Bagi mereka, kemurnian sebuah karya fotografi adalah seperti apa adanya, as is. Saya menghargai prinsip mereka, tapi menurut saya, seorang fotografer mutlak menguasai program editing foto, setidaknya tahu apa yang dimaksud denganlevel, white balance, curve, atau sharpening.
Saya merambah jauh dari sekedar menajamkan foto atau menerangkan objek yang gelap, tapi juga menambahkan unsur desain grafis ke dalam foto itu. Ini sama sekali bukan tema baru bagi para desainer yang bekerja diperiklanan dan tulisan ini bukan ditujukan buat mereka. Saya hanya ingin sharing bahwa kombinasi dunia foto dan desain sangat mengasyikan dan setiap orang bisa melakukannya tanpa harus punya latar belakang seni rupa.

salah satu cara gabungan fotografer dan desain grafis

0 komentar:

Posting Komentar